Sabtu, 25 Mei 2013

My simple-frugal-green hair care

Sudah sekitar dua bulan saya menggunakan perawatan ini untuk urusan rambut, dan hasilnya jauh lebih memuaskan dibandingkan ketika masih rutin menggunakan produk rambut sebelumnya.

Dulu saya bershampoo+conditioner anti ketombe, dan tiap sebulan sekali hairspa di salon dg produk anti ketombe. Tp ketombe tdk menunjukkan pengurangan.

Sampai akhirnya ktk blogwalking saya bertemu artikel ttg "no Poo" yg merupakan singkatan untuk "no shampoo". Dan akhirnya saya mulai meninggalkan shampoo dkk.

Saya tdk terlalu sulit meninggalkan shampoo dkk krn sekitar 3 tahun yg lalu saya pernah mencoba "caveman regimen" yaitu perawatan wajah tanpa menggunakan apapun kecuali air, tanpa sabun, tanpa pelembab, tanpa sunblock, tanpa make up. Hanya air! bahkan ada pelaku caveman regimen ekstrim yg sama sekali tdk mencuci muka :Wew. Tp karena muslim mempunyai kewajiban bersuci sebelum sholat dan salah satu cara bersuci adalah dg berwudu Dmn dlm salah satu rukunnya adalah mencuci muka, saya tidak akan mengambil cara ekstrim. Caveman regimen berhasil mengurangi white head di sekitar hidung saya.

Kenapa meninggalkan shampoo? Krn:
1.shampoo yg banyak beredar saat ini menggunakan bbrp bahan yg tidak baik untuk kesehatan dan mencemari lingkungan. Mulai dr SLS,paraben dll.
2.shampoo lebih sering memperburuk kondisi rambut dan mendorong kita untuk menggunakan produk pendukungnya (conditioner,leave in conditioner,serum dll) yg berarti more money we spent).
3. shampoo bukan saja menghilangkan kotoran dr rambut dan kulit kepala, tp juga menghapus minyak alami penuh manfaat yg dihasilkan tubuh. Akhirnya krn tubuh merasa bahwa minyak yg dihasilkan tubuh kurang (akibat dihapuskan oleh shampoo) tubuh akan memproduksi lebih banyak lagi minyak untuk mempertahankan kelembaban rambut dan kulit kepala.
4. Dll ;)

Lalu bagaimana membersihkan rambut tanpa shampoo? ada yg cukup dg air, tp saya lebih suka dg:

1 sdm baking soda + 150ml air, caranya campur baking soda dg air lalu tuang ke sebuah botol (bisa menggunakan botol shampoo bekas). dalam keadaan rambut kering, tuang campuran dg memencet botol ke seluruh permukaan kulit kepala.gosok perlahan lalu diamkan bbrp saat (biasanya saya sambi untuk membersihkan badan). bilas dg air sambil menggosok lembut kulit kepala. Campuran ini bisa digunakan 2-3 kali.

Untuk conditioner: 1 sdm cuka apel+200 ml air. Caranya campur cuka dan air lalu siramkan ke rambut. Diamkan bbrp saat, lalu bilas dg air bersih. Mungkin setelah bilas masih tercium bau cuka, tp setelah kering bau cuka akan hilang seluruhnya. Hasilnya memang tdk seperti conditioner biasa dimana rambut akan langsung terasa lembut setelah dibilang, krn baru terlihat hasilnya stlh kering.

Selain "no Poo" ada juga metode "low Poo" Dmn shampoo yg dipakai adalah shampoo yg lebih ramah, yaitu shampoo/sabun alami. Kadang ktk menginginkan busa saya memakai "low Poo", saat ini Teteh ber"low Poo".

Yang perlu diingat ketika ingin mencoba metode ini adalah kuatkan komitmen untuk mencobanya minimal selama 1 bulan. Akan ada masa purging, dimana semua masalah rambut sepertinya keluar semua, mulai dr menjadi sangat kering, atw sangat berminyak, ketombe makin parah dll. Itu semua terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan dg kondisi terbaru. Insya Allah semua itu akan berlalu dan akhirnya rambut dan kulit kepala sehat kembali kepada kita. ^^

1 komentar:

  1. Ijin follow ya miss Noona.. saya nge-link kan postingan miss Noona ke blog saya di http://justforourbetterfuture.blogspot.com/2014/09/no-poo-keramas-tanpa-shampoo.html sebagai acuan no poo saya.. Semoga berkenan ya.. Salam kenal :)

    BalasHapus