Kamis, 11 April 2013

Homemade laundry detergent

Bahan:
castile soap (serut)
Washing soda/soda ash/natrium carbonate
Natrium bicarbonate
(perbandingan yg saya pake 2:2:1)

campur semua bahan hingga rata, gunakan sekitar 1 sendok makan untuk sekali cuci (mesin cuci ukuran sedang).
Dibandingkan sabun cuci pasaran sabun ini tdk terlalu berbusa dan tidak wangi (jika ingin wangi bisa tambahkan pewangi,tp saya memilih untuk tdk).meskipun begitu hasilnya bersih.
Saya baru mencoba sekali sih untuk dipakai dlm mesin cuci, tp bekas minyak yg nempel di baju dan sisa kopi hilang.
Untuk uji coba selanjutnya 2 pasang kaos kaki saya hanya memakai sejumput dan bisa bersih setelah direndam sekitar 10menit dan kucekan ringan (saya sendiri kaget ketika dikucek dikit ternyata udah bersih) padahal kaos kaki tsb bekas kegiatan outdoor.

Untuk pengertian castile soap sendiri kurang lebih adalah sabun yg terbuat dr minyak tumbuhan. Bisa dibeli di greenmommyshop ( gms.hadeyazah.org ) *dg menyertakan kode NOCE2012 bisa dpt diskon 10%.
Atau jika merasa berat diongkos (seperti halnya saya) bisa bikin sendiri.

Bahan:
minyak kelapa 350gr
Minyak kelapa sawit 150gr
Lye (NaOH) 79 gr
Air 150ml

Alat:
timbangan digital
Stick blender/mixer
Bbrp wadah yg terbuat dr plastik PP,stainless steal atau gelas
Kaca mata
masker
Sarung tangan bukan kain
Cetakan

Cara membuat:
sebaiknya cari info sebanyak-banyaknya dulu ttg pembuatan sabun sebelum melakukan percobaan pertama. Lihat videonya Klo perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar